Sabtu, 09 April 2011

SAKA WIRA KARTIKA

SWK merupakan salah satu satuan karya pramuka yang ada di Indonesia. Saka yanga dibawa binaan TNI-AD ini memiliki lima Krida yaitu krida Navigasi Darat ( Navrat ), Krida Pioneering, Krida Mounteneering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana. Selain Krida-krida tersebut, Wira Kartika juga tidak lupa dengan materi-materi kepramukaan secara umum. Karena merupakan binaan TNI-AD, tentunya kegiatan-kegiatannya hampir menyamai dengan latihan para prajurit TNI-AD, atau boleh di bilang semi militer. Selain tentang kepramukan, Wira Kartika juga mengenal dan mengutamakan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara, yang saat ini ulai terkikis oleh efek pekembangan dunia.
Selain materi, kegiatan-kegiatan di Wira Kartika tidak hanya materi saja, tapi bisa praktik langsung di lapangan sperti praktik kompas, jalan peta, bongkar pangan senjata, tali temali, panjat/turun tebing, kolonel tongakat maupun senjata dan masih banyak yang lainnya. Yanga jelas dan penting kegiatannya sangatlah informatif dan pastinya menambah pengetahuan.
JADI, bagi seluruh Pelajar Indonesia jangan ragu-ragu untuk bergabung dengan WIRA KARTIKA.

Para Pimpinan Saka yang berupaya dan kerkewajiban merintis berdirinya Saka di Jawa Tengah itu, telah memperkenalkan bendera Satuan Karya Wira Kartika dengan warna dasar hijau tua, seperti tampak pada gambar, juga badge Saka maupun Tanda Jabatan.
Pengorganisasian Saka binaan TNI-AD ini, tidaklah jauh berbeda dengan Satuan Karya pada umumnya. Namun Demikian Saka Wira Kartika ini memiliki Program Pendidikan yang dibentuk dalam Satuan Krida antara Lain :
1. Krida Navrat
2. Krida Pioneering
3. Krida Mountainering
4. Krida Survival
5. Krida Penanggulangan Bencana

ImageTiap Krida memiliki Spesifikasi materi pendidikan yang berbeda dengan krida lainnya.
Sudah barang tentu, di wilayah lainnya akan segera menyusul pembentukan Saka Wira Kartika. Generasi ini membutuhkan pendidikan dan latihan dalam upaya menghadapi tantangan ke depan, berpacu dengan kemajuan jaman dan tehnologi yang ternyata juga memiliki dampak dan pengaruh negatif yang sama cepatnya. Wassalam.





 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar